Toko mainan anak edukatif termurah aman kualitas terbaik di daerah Jakarta

Tips Promosi Gratis Toko Mainan Edukatif Online Berkualitas

Berani mencoba berbisnis penjualan barang secara online, misalnya membuka toko mainan, tentunya harus diiringi dengan kemauan mempelajari strategi pemasaran. Tak perlu menunggu kesempatan untuk kembali mengenyam bangku pendidikan sekolah marketing atau bisnis, cukup dengan mengakses internet untuk mendapatkan ilmu dan beragam tips bisnis online yang bisa langsung diterapkan.

Menentukan Produk Mainan

Dari aneka permainan yang cukup populer, atau sudah dikenal banyak orang, produk mainan seperti apakah yang seharusnya dijual oleh toko mainan online anda? Coba jawab beberapa pertanyaan berikut untuk membantu anda menemukan ide:

  1. Mainan untuk bayi atau balita?

Jika anda memilih untuk menjadi reseller atau menjalankan toko online anda sendiri untuk menjual aneka permainan untuk segala usia, sebaiknya sediakan katalog online yang cukup menarik untuk halaman website toko online anda.

Meskipun dalam website toko online anda sudah tersedia kolom pencarian atau search engine, perlu diketahui bahwa tidak semua pengguna internet atau online shoppers paham fungsi kolom ini. Jadi, katalog online yang menjelaskan deskripsi mainan sesuai kategori usia anak dan tujuannya

  1. Mainan produk lokal atau luar negeri?

Berjualan online memudahkan anda mendapat distributor mainan anak dari berbagai daerah, misalnya grosir mainan anak online jawa barat, distributor toko mainan online Bekasi, atau toko grosir online dari daerah tempat tinggal anda sendiri, bahkan distributor mainan online dari luar negeri. Nah, tinggal sekarang anda menentukan, produk mainan apa yang akan anda jual: mainan anak produk lokal atau mainan anak produk luar negeri?

  1. Mainan edukatif?

Memilih untuk berjualan mainan edukatif di toko mainan online yang anda kelola sendiri berarti anda harus menyediakan aneka permainan untuk segala usia.

Karena mainan yang disebut edukatif merupakan mainan yang bisa membantu melatih ketrampilan otak dan fisik anak serta membantu pembelajaran di rumah dan sekolah. Contohnya, permainan papan atau board game dan menyusun balok dan puzzle.

Nah, setelah menentukan produk andalan toko mainan anak untuk toko online anda, sekarang saatnya mencari strategi atau cara pemasaran yang tepat sehingga produk toko online anda laris manis.

Cara Promosi Produk Toko Mainan Online

Tentunya anda sudah mengetahui bahwa membuat dan mengelola toko online pada dasarnya tidak jauh berbeda dari toko offline. Yang penting dipertimbangkan dan disiapkan ketika membuka toko online adalah:

  1. Survei

Lakukan survei mengenai produk yang dibutuhkan pasar atau konsumen, bandingkan harga dengan toko-toko online lainnya, tengok juga tampilan toko-toko online lainnya untuk mendesain toko anda lebih menarik tapi sekaligus user friendly alias mudah digunakan.

  1. Distributor atau supplier

Jika anda tidak menjual produk mainan karya anda sendiri, carilah distributor mainan anak online Jawa Barat, Jawa Timur atau daerah lainnya sesuai domisili anda yang tidak memberatkan (dari segi ongkos pengiriman terutama jika dari luar daerah).

  1. Media sosial

Gunakan akun media sosial anda pribadi untuk memperkenalkan toko mainan online anda sebagai bagian dari promosi tipis-tipis di awal launching atau peluncuruan perdananya. Kenalkan produk mainan yang anda jual dan jelaskan caranya bermain.

Lalu, bagaimana cara promosi toko mainan anda kalau tiga hal yang disebutkan diatas sudah dijalankan? Berikut ini 8 tips promosi toko mainan online secara gratis dan mudah:

  1. Mesin pencari Google

Google sepertinya menjadi andalan banyak orang untuk mencari tahu banyak hal di internet, termasuk ketika mereka ingin membeli mainan. Agar website toko online anda berada di halaman pertama, maka anda perlu mempelajari tips dan trik khusus. Salah satunya, menentukan keyword toko online anda, misalnya:  mainan anak online Jawa Barat, atau toko mainan online Bekasi, atau daerah lainnya.

  1. Giveaway dan sayembara

Karena tidak semua orang menggunakan mesin pencarian Google, dan tidak semua orang memiliki ponsel pintar, maka anda perlu mengenalkan nama toko online dan alamat website toko anda. Cara ini bisa dilakukan dengan: membuat kalender tahunan atau stiker dengan logo toko anda, mengadakan sayembara, kompetisi, atau sekadar giveaway alias bagi-bagi hadiah secara berkala.

  1. Akun media sosial toko

Setelah teman-teman di akun media sosial pribadi anda mengenal beberapa produk mainan di toko online anda, saatnya anda membuat akun khusus untuk toko mainan online anda. Tidak perlu membuat terlalu banyak akun di berbagai media sosial karena akan menyulitkan anda terutama jika anda tidak punya partner atau rekan untuk mengelola segala urusan toko online ini. Pilih media sosial yang banyak digunakan oleh target pasar, misalnya jika sasaran anda adalah ibu rumah tangga, maka gunakan akun media sosial Facebook.

  1. Pameran dan bazaar

Coba cari tahu jadwal event di kota anda tinggal. Biasanya pameran dan bazaar digelar pada event-event tertentu yang menjadi agenda tahunan pemerintah kota. Nah, melalui pameran dan bazaar inilah peluang anda untuk mengenalkan produk mainan, terutama jenis permainan edukatif, ke pasar yang lebih luas, termasuk instansi pendidikan, lembaga kursus dan sekolah-sekolah.

  1. Banner

Bukan hanya pada saat mengikuti pameran atau bazaar, tetapi banner produk mainan dan toko online anda ini sebaiknya juga dipasang di depan rumah serta di beberapa spot strategis di sekitar target konsumen, misalnya dekat sekolah, taman, atau area pusat perbelanjaan, dengan mencantumkan nama toko online dan alamat website.

  1. Brosur

Jika anda merasa metode penyebaran brosur pada event tertentu atau diselipkan di wiper kaca mobil akan membuang-buang waktu, tenaga, sekaligus juga bisa mengotori lingkungan akibat brosur terbuang sia-sia, cobalah menyelipkan brosur produk toko online anda di koran-koran yang didistribusikan agen atau loper setiap hari. Atau, sediakan wadah khusus untuk brosur sehingga bisa diletakkan di swalayan, rumah makan, atau tempat umum lainnya.

  1. Sponsor acara

Tak perlu menunggu bisnis anda sukses atau menunggu hasil keuntungan jutaan rupiah untuk menjadi sponsor acara tertentu. Justru dengan berani berpartisipasi menjadi sponsor (kecil-kecilan) sebuah acara, seperti reuni sekolah, donasi, acara sosial, pameran, kompetisi di sekolah-sekolah atau instansi, akan membuka jalan sukses untuk bisnis toko mainan online yang anda kelola.

  1. Mengunggah video

Nah, yang terakhir dan tak kalah menarik untuk dicoba adalah mempromosikan produk toko mainan anda dengan mengunggah video ke YouTube atau media sosial lainnya. Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga atau beberapa sahabat untuk menjadi model dalam video yang menunjukkan cara bermain permainan yang anda jual.

Gunakan kamera dengan resolusi cukup bagus lalu edit video sebelum diunggah. Jangan lupa tambahkan logo toko online anda agar video yang diunggah tidak disalahgunakan oleh orang lain. Kemudian, bagikan tautan video tersebut di akun media sosial pribadi anda atau melalui pesan-pesan singkat di aplikasi Whatsapp dan sebagainya pada ponsel pintar anda.

Baca Artikel Selanjutnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.