Toko mainan anak edukatif online termurah dan sangat terpercaya

Bisnis Toko Mainan Anak: Toko Online atau Offline?

Toko mainan anak bisa jadi merupakan salah satu toko yang tak lekang oleh waktu. Dari masa ke masa anak-anak segala usia sudah pasti membutuhkan mainan sesuai dengan periode tumbuh kembangnya. Namun toko mainan tidak lagi seramai pada belasan tahun lalu seiring menjamurnya toko-toko mainan online yang bisa dikunjungi dalam sekali klik.

Jika diperhatikan, mainan-mainan yang dijual di toko mainan online dan offline sepertinya juga berbeda. Perbedaan produk mainan toko online dan offline seperti:

  1. Mainan lebih up to date

Toko mainan online biasanya lebih up to date karena menjual mainan anak produk terbaru, yang kemungkinan besar belum tentu ada di semua toko mainan Indonesia. Sedangkan toko mainan offline yang terlengkap seperti di dalam mall misalnya, biasanya menjual mainan-mainan yang umum atau yang sudah banyak dikenal orang.

  1. Mainan dikategorikan sesuai usia

Kebanyakan toko mainan offline menjual mainan anak berdasarkan usia. Misalnya, di toko mainan A banyak menjual mainan-mainan untuk bayi dan batita, sementara di toko B menjual mainan anak balita, dan di toko C menjual mainan untuk anak-anak di atas usia 7 tahun. Sedangkan di toko mainan online, anda bisa menemukan aneka mainan mulai dari mainan bayi sampai permainan keluarga alias segala usia dalam satu toko.

  1. Mainan produk lokal

Dimana anda bisa menemukan toko mainan anak murah? Mungkin beberapa orang bisa membeli mainan anak murah meriah di pasar, bazaar, atau toko-toko mainan di sekitar pusat perbelanjaan. Beberapa produk mainan yang dijual merupakan permainan-permainan yang sudah banyak populer di masyarakat dan merupakan produk buatan dalam negeri.

Sedangkan di toko online, ada banyak jenis permainan baru yang diciptakan oleh anak-anak Indonesia sendiri. Mereka seringkali memperkenalkan produk mainan ini lewat media sosial seperti Instagram dan Facebook, lalu menjualnya secara online di beberapa gerai toko online ternama.

Ingin mencoba peluang bisnis toko mainan anak?

Apakah bisnis toko mainan cukup menjanjikan? Bisa dibilang, iya. Mengapa bisnis toko mainan?

  1. Mainan merupakan kebutuhan sekunder

Zaman now, mainan bisa jadi merupakan barang yang termasuk dalam kebutuhan sekunder. Meskipun gadget dan permainan online banyak diminati, tetapi anak-anak terutama usia bayi dan balita, masih membutuhkan aneka mainan untuk membantu proses tumbuh kembang dan melatih perkembangan motoriknya. Melalui mainan juga anak-anak belajar berinteraksi dengan orang tua dan orang lain di sekitarnya.

  1. Mainan edukatif sebagai media pembelajaran

Mungkin istilah “mainan edukatif” sudah cukup familiar untuk anda. Sebenarnya, apa sih mainan edukatif itu? Disebut edukatif karena jenis permainan ini bisa digunakan untuk alat bantu pengajaran di sekolah sebagai media belajar. Membuka toko mainan dan menjual mainan edukatif merupakan peluang bisnis karena anda bisa menawarkan produk mainan ke sekolah-sekolah (SD atau TK) atau ke lembaga belajar.

Beberapa produk mainan secara tidak langsung diberi label edukatif seperti sempoa, jenga, puzzle, kartu-kartu bergambar, rubik, catur, atau balok-balok. Namun ada juga yang bukan berlabel mainan edukatif tetapi bisa dipakai sebagai media belajar, misalnya monopoli, ular tangga, lego, Scrabble (permainan menyusun kata), dakon, masak-masakan, atau boneka.

  1. Mainan untuk disewakan

Bisnis toko mainan anak Jakarta, Surabaya, atau kota-kota besar lainnya bisa juga menjadi tempat persewaan mainan. Tentunya mainan yang dijual dan disewakan tidaklah sama persis produknya. Mainan-mainan anak yang disewakan umumnya berupa permainan balok, mainan bunyi-bunyian, atau mainan dari karet yang dikhususkan untuk bayi sampai usia balita. Persewaan mainan bisa menjadi ciri khas toko mainan anak murah offline yang anda miliki karena sampai saat ini belum banyak toko mainan yang juga menawarkan jasa sewa mainan anak.

  1. Mainan lebih mudah dipasarkan secara online

Ide bagus jika anda berminat mencoba bisnis mainan online. Produk mainan lebih mudah dipasarkan secara online, karena calon pembeli atau pengunjung toko online:

  1. Tidak membutuhkan detil ukuran badan

Tidak seperti produk baju dan sepatu yang sedikit rawan dipasarkan secara online karena calon pembeli biasanya merasa ragu jika tidak mencoba produk. Deskripsi produk mainan anak hanya disebutkan ukuran panjang, lebar, tinggi, dan atau berat mainan. Selebihnya merupakan keterangan material atau bahan mainan, aksesoris mainan, dan petunjuk cara bermain.

2. Tidak terlalu membutuhkan model

Jika produk sandang seperti baju, sepatu, jilbab, make up dan aksesoris seringkali membutuhkan model untuk menarik calon pembeli, bisnis toko mainan anak online tidak perlu menggunakan model. Tak perlu khawatir jika anda merasa kurang percaya diri menampilkan foto anda di halaman toko online, karena memasarkan produk mainan online bisa menggunakan video cara bermain yang hanya menampilkan bagian tangan.

Bagaimana agar toko mainan laris manis?

Ada sejumlah tips yang layak anda coba agar toko mainan online atau offline milik anda laris manis alias diminati banyak pembeli. Simak ulasannya berikut ini sesuai jenis tokonya.

Tips toko mainan offline:

  1. Lokasi toko yang strategis

Pilih lokasi toko yang cukup strategis misalnya di sekitar pasar atau anda bisa menyewa sebuah gerai di dalam mall. Jika produk mainan yang anda jual merupakan permainan untuk segala usia, anda bisa membuka toko tak jauh dari sekolah, di sekitar pusat oleh-oleh khas daerah domisili anda, atau di dekat tempat-tempat wisata.

  1. Sampel mainan

Sediakan sampel mainan dan satu pojok khusus, didesain menarik dengan beberapa meja atau bangku, sebagai tempat calon pembeli mencoba produk mainan yang akan dibeli. Terutama jika jenis permainan tersebut memiliki aturan bermain yang kompleks, seperti monopoli, halma, Scrabble, atau produk-produk mainan baru yang belum populer di masyarakat.

  1. Ruang bermain

Belum banyak toko mainan Indonesia yang menyediakan ruang bermain anak-anak. Meskipun toko anda merupakan toko mainan anak murah, ruang bermain ini bisa menjadi magnet dan ciri khas toko anda. Mainan yang anda sediakan di ruang bermain anak bisa saja berbeda dari atau merupakan sampel produk mainan yang anda jual, namun telah ditata sedemikian rupa sehingga anak-anak betah menghabiskan waktu bermain di toko mainan anda selagi orang tua memilih mainan yang akan dibeli.

Nah, giliran anda yang ingin mencoba bisnis toko mainan anak online, ini tipsnya:

  1. Foto yang menarik

Gunakan foto yang berbeda dari foto produk mainan pada umumnya yang hanya menampilkan produk secara monoton. Sandingkan produk mainan dengan barang menarik lainnya, atau foto juga tempat mainan diletakkan, misalnya di atas meja, di taman, atau foto ketika anak anda bermain menggunakan produk tersebut.

  1. Deskripsi detil

Sertakan deskripsi yang lengkap dan detil mengenai ukuran (panjang, lebar, tinggi, berat) mainan, bahan mainan, usia anak yang sesuai menggunakan produk mainan tersebut, pilihan warna mainan, aksesoris yang termasuk dalam satu produk mainan, sekaligus juga petunjuk cara bermain.

  1. Harga

Bandingkan harga produk dengan toko-toko mainan lainnya. Pastikan toko mainan anak murah yang anda jalankan mempunyai produk yang tidak murahan, lebih berkualitas dan lebih menarik dari toko mainan Indonesia yang lain.

Baca Artikel Selanjutnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.